Senin, 28 Desember 2020

Sejarah Pasar Modal Indonesia

Pasar Modal Indonesia sudah mulai ada sejak zaman VOC  menduduki Indonesia, Banyak tulisan yang merujuk pada buku Effectengids keluaran Vereniging voor de effectenhandel tahun 1939 untuk membahas mengenai sejarah pasar modal di Indonesia, dimana dikatakan bahwa sejak tahun 1880 telah di lakukan transaksi efek, dimana pada tahun 1878 telah didirikan Dunlop & Koff, yang merupakan cikal bakal PT. Perdanas.

Informasi tersebut memberitahukan kita bahwa perdaangan saham di Indonesia telah berlangsung sangat lama bahkan sejak jaman kolonial belanda, contohnya saja pada perusahaan perkebunan belanda dibatavia pada masa itu, Cultuur Maatschappij Goalpara pada tahun 1892 sahamnya telah di perdagangkan, selain itu juga harian Het Centrum dari Djoejacarta melakukan penjualan sahamnya pada tahun 1896. Namun saham saham itu pada saat itu masih didaftarkan di Belanda (Ansterdam) namun investornya berasal dari Batavia, Semarang dan Surabaya.

Belanda melihat potensi yang sangat besar di Indonesia maka sekitar abad ke-19 belanda mulai gencar membuat perkebunan-perkebunan dan sumber dana yang digunakan adalah berasal dari tabungan tabungan yang berasal dari orang Belanda sendiri atau juga dari Eropa karena penghasilan mereka jauh lebih tinggi dibandingkan orang Indonesia (Pribumi).

Tidak ada komentar: